Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Indeks Berita

Nasional Sorotan Daerah Berita Peristiwa Headline Megapolitan Hukum dan kriminal KRIMINAL TNI POLRI Hukum & Kriminal hukum TNI Politik TNI AD TNI/POLRI Pendidikan News/ Megapolitan Sosial Berita > Polri Agama News > Sorotan News > Megapolitan Bisnis Budaya Internasional Hukum -Nasional pemerintah Ramadhan Artikel Olahraga Kesehatan News > Nasional Hukum & Hukum dan Krimnal News/ Sorotan TNI & Polri Artikel Nasional News > Peristiwa Polri Polri Nasional google.com kegiatan Agama Artikel News advokasi Papua YouTube Google Facebook LinkedIn MetroTV opini sosial Ramadhan Anisa Baswedan Nasional Hukum&Kriminal News > Kriminal News > Polri News> Megapolitan News> TNI AD Peristiwa Daerah #youtube #google #hello #Lazada #facebook Anies Baswedan Nasional Diskusi Hukum dan Kirminal Nasional Artikel Google.com Nasional- sorotan -Politik News /Megapolitan Pendidikan Nasional Pertanian Politik > Nasional Polri-TNI Sorotan<Nasional TNI dan polri TNI& POLRI TNI-Polri Anies Baswedan Nasional Budaya Agama Corona Desa Palsari Ekonomi Ekonomi / News Gubernur Jawabarat Hilman Hukum &Kirminal Kebakaran Kriminalisasi Lalulintas Lowongan pekerjaan Musik Nasional -sorotan Nasional Artikel Google.com Jayawijaya Papua Nasional Sorotan Nasional polri Nasional& Sorotan Nasional<Sorotan Natal New> Nasional News / Hukum & Kriminal News > Hukum & Kriminal News >Megapolitan Olahraga POLRI Organisasi PERISTIWA -SOROTAN#Nasional Pemkot Bogor Peristiwa Nasional Peristiwa+Hukum dan Kriminal Peristiwa-daerah Peristiwa<Sorotan Peristiwa<Sorotan<Nasional Pertanian & Ekonomi Pimpinan Pompes Polri#Nasioanal Polri-Nasional -pendidikan Pristiwa Sorotan Pemerintah Sorotan Pemerintah Pacitan Sorotan hukum dan kriminal Sorotan-Nasional Sorotan<Viral Sorotan<peristiwa Sosial Islam Sosial LSM Sosial Ramadahan TNI Nasional TNI- POLRI TNI-AD kejadian oprasi gabungan pasar Ramadan sejarah

Tanam Padi Bersama Bupati Alfedri Irjen AD Letjen Erwin Djatmiko Tutup Kegiatan TMMD ke-119

Maret 21, 2024 | Kamis, Maret 21, 2024 WIB
 Siak, DetikNewstv.com-Inspektur Jenderal TNI Angkatan Darat (Irjenad) Letjen Erwin Djatmiko didampingi Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen Mochammad Hasan Hasibuan, Danrem 031/WB Dany Racka Anadalasawan dan Bupati Siak Alfedri menanam padi dan penaburan benih ikan, di area persawahan Kampung Sungai Tengah, Kecamatan Sabak Auh, Kabupaten Siak.

Kegiaan ini, merupakan rangkaian acara penutupan , TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-119 tahun 2024, di kampung sungai tengah. Irjen AD Letjen Erwin Djatmiko mengatakan tujuan TMMD dalam rangka percepatan pembangunan di daerah 3 T, tertinggal, terisolir dan terluar dan meningkatkan ketahanan pangan di Indonesia.

"Tujuan TMMD adalah membantu percepatan pembangunan di daerah 3 T, tertinggal, terisolir dan terluar sehingga dapat menyejahterakan masyarakat," ujar Irjen AD Letjen Erwin Djatmiko, di sabak auh, rabu, (20/3/2024).

Irjen AD mengatakan, kegiatan TMMD ini anggaranya bersumber dari Pemkab Siak dan TNI berjumlah Rp 3,2 miliar dan telah dilakukan pembangunan dan perbaikan infrastruktur di Kecamatan Sabak Auh, seperti pembukaan jalan baru, peningkatan jalan, pembangunan MCK, sumur bor, rehab fasilitas masyarakat seperti tempat ibadah, dan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

“TMMD merupakan upaya TNI, Kementrian/lembaga pemerintah non kementrian dan Pemda dengan wujud program kerjasama lintas sektoral. Mewakili KASAD TNI Kami mengucapkan terimkasih kepada Pemkab Siak, masyarakat dan anggota TNI di daerah yang telah menyukseskan kegiatan ini. Hasilnya, tentu dapat dirasakan masyarakat kita,” kata Erwin.

Ia jog menyampaikan, program ini juga membantu meningkatkan ketahanan pangan di kampung Sungai Tengah, Sabak Auh dengan pencapaian luas lahan 352 hektar dan memfasilitasi warga dengan penyuluhan terpadu seperti pertanian, KB, bahaya narkoba, bahaya karhutla dan UMKM.

“Di depan kita ada hamparan sawah seluas 352 hektar dalam waktu yang 3 sampai dengan 4 bulan kedepan akan panen. Ini lah tujuan TMMD meningkatkan swasembada pangan dan ketahanan pangan di daerah ini. Kemudian akses masuk ke persawahan jalan nya sudah bagus, masyarakat akan dengan mudah mengangkat hasil sawah keluar, untuk di jual,” kata dia.

Bupati Siak Alfedri mengucapkan selamat datang kepada Inspektur Jenderal TNI Angkatan Darat (Irjenad) Letjen Erwin Djatmiko, Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen Mochammad Hasan Hasibuan, Danrem 031/WB Dany Racka Anadalasawan beserta rombongan dan Tamu undangan lainnya di Kabupaten Siak. 

“Kehadiran  Inspektur Jenderal TNI Angkatan Darat (Irjenad) Letjen Erwin Djatmiko beserta jajaran, suatu kehormatan bagi kami Pemerintah Kabupaten Siak dan khususnya masyarakat Kampung Sungai Tengah. Dalam rangka meninjau langsung kegiatan TMMD ke - 119 tahun 2024 dan menutupnya,” kata Alfedri. 

Alfedri juga menjelaskan, Kegiatan TMMD merupakan program terpadu lintas sektoral yang melibatkan seluruh elemen daerah, termasuk masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di pedesaan yang dilaksanakan selama satu bulan. 

"Selama 1 bulan penuh, Satgas TMMD bersama masyarakat telah bekerja keras, bahu membahu, melaksanakan kegiatan fisik maupun non fisik. Alhamdulillah, berkat kerja keras dan semangat kebersamaan yang baik, semua kegiatan TMMD dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu,” ungkapnya.

Septianti, warga Kampung Sungai Tengah Kecamatan Sabak Auh dengan rasa bangga, ia mengucapkan terimkasih, karena Kampungnya terpilih sebagai tempat pelaksanaan kegiatan TMMD.

"Dengan kerendahan hati yang paling dalam, kami mengucapkan terimakasih kepada Dandim dan Bupati telah membangun jalan kampung kami, dan membangun sejumlah pasilitas umum dan rehap rumah warga,” kata dia.

Jalan Dewi Sri yang dibangun Program TMMD dengan panjang 1,5 km merupakan akses vital bagi warga sungai tengah yang hendak menuju areal persawahan. Sebelum dibangun dulunya jalan tersebut, ketika hujan sulit di lewati karena berlumpur. 

"Alhamdulillah saat ini jalan yang mengarah ke area persawahan kami telah bagus, mudah-mudahan ini menambah semangat kami dalam berladang. Apalagi ada beberapa bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Siak, yang bekerjasama dengan Kodim 0322/Siak dan Dinas Pertanian Provinsi Riau, jelas sangat memudahkan kami, semoga dengan bantuan yang telah diberikan ini hasil panen kami akan terus meningkat,”ungkap Septianti dengan rasa haru.

Penulis: Ndi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update