Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Antisipasi Karlahut, Camat Said Pimpin Apel Siaga Harap Seluruh Pihak Bersinergi

Maret 28, 2024 | Maret 28, 2024 WIB Last Updated 2024-03-30T14:58:23Z
Kandis, DetikNewstv.com Untuk menyatukan persepsi dan koordinasi dalam pencegahan dan penanggulangan Kebakaran Lahan dan Hutan, (Karlahut) tahun 2024, Upika Kecamatan Kandis menggelar Apel Kesiapsiagaan Karlahut, di halaman Kantor Damkar yang terletak di Jalan Datuk Laksamana Kelurahan Telaga Samsam, Kamis, (28/03/'24). Dihadiri Camat Kandis Said Irwan, S.E, M.IP, Kapolsek Kandis Kompol David Richardo, S.I.K, Danramil Kandis di wakili Peltu Yus Armin,  Kasi Trantib Kecamatan Kandis Eko Ifantri, S.Sos, Personil Koramil Kandis, Personil Polsek Kandis, Penghulu se Kec. Kandis, Personil Sat Pol PP  Kec. Kandis,Pemadam dari Perusahaan, Pemadam Kebakaran Kecamatan Kandis, Perwakilan MPA dari masing-masing Kampung se Kecamatan Kandis.

"Apel digelar untuk tindak lanjut yaitu dilakukan langkah bentuk kesiapan dalam menanggulangi bencana Karlahut di Kecamatan Kandis dari segi pencegahan maupun penanganan. Dikarenakan Kecamatan Kandis merupakan salah satu daerah di Kabupaten Siak yang rentan terjadinya bencana Karlahut," ungkap Camat Said yang berkesempatan selaku pemimpin apel.

Pada kesempatan itu Kapolsek Kandis Kompol David Richardo, S.I.K dalam sambutan menyampaikan,
"selain untuk melihat kesiapan alat pemadam, apel ini juga bentuk saling kordinasi, apabila terjadi Karlahut kita mengerti kemana harus berkoodinasi, tugas memadamkan Karlahut bukan hanya tugas Kepolisian dan Damkar, namun tugas kita semua, saya juga sudah memerintahkan Bhabinkamtibmas untuk berikan himbauan kepada masyarakat untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan dan tidak membakar sampah terutama di areal yang rawan terjadi kebakaran," tutur pria lulusan Akpol 2008 itu. 

Kompol David selaku Kapolsek Kandis yang juga pernah menjabat sebagai Kasat Lantas di Rohil  itu menuturkan bahwa Prioritas pencegahan melalui monitoring dan patroli, Pengawasan harus sampai ke tingkat bawah melibatkan Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Kades serta seluruh stakeholder.

"Semua pihak harus mencari solusi yang permanen untuk menangani karlahut, Penataan ekosistem gambut harus terus menerus dilanjutkan, Jangan biarkan api membesar kita harus tanggap dan jangan terlambat sehingga api sulit untuk dikendalikan," tutupnya. 

Usia kegiatan apel, peserta apel melakukan pemeriksaan Pasukan Apel dan Peralatan Karlahut sebagai langkah utama siap siaga bilamana terjadi karlahut itu sendiri.


Penulis : Ndi
×
Berita Terbaru Update