Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Indeks Berita

Nasional Sorotan Daerah Berita Peristiwa Headline Hukum dan kriminal Megapolitan TNI POLRI KRIMINAL Hukum & Kriminal hukum Politik TNI AD TNI TNI/POLRI Pendidikan Berita > Polri Sosial Agama News/ Megapolitan News > Sorotan News > Megapolitan Bisnis Internasional Hukum -Nasional Budaya Ramadhan pemerintah Artikel Olahraga News > Nasional Hukum & Hukum dan Krimnal Kesehatan News/ Sorotan TNI & Polri Artikel Nasional News > Peristiwa Polri Polri Nasional google.com kegiatan Agama Artikel News advokasi Papua YouTube Google Facebook LinkedIn MetroTV opini Anisa Baswedan Nasional Hukum&Kriminal News > Kriminal News > Polri News> Megapolitan News> TNI AD Peristiwa Daerah sosial Ramadhan #youtube #google #hello #Lazada #facebook Anies Baswedan Nasional Diskusi Hukum dan Kirminal Nasional Artikel Google.com Nasional- sorotan -Politik News /Megapolitan Pendidikan Nasional Pertanian Politik > Nasional Polri-TNI Sorotan<Nasional TNI dan polri TNI& POLRI TNI-Polri Anies Baswedan Nasional Budaya Agama Corona Desa Palsari Ekonomi Ekonomi / News Gubernur Jawabarat Hilman Hukum &Kirminal Kebakaran Kriminalisasi Lalulintas Lowongan pekerjaan Musik Nasional -sorotan Nasional Artikel Google.com Jayawijaya Papua Nasional Sorotan Nasional polri Nasional& Sorotan Nasional<Sorotan Natal New> Nasional News / Hukum & Kriminal News > Hukum & Kriminal News >Megapolitan Olahraga POLRI Organisasi PERISTIWA -SOROTAN#Nasional Pemkot Bogor Peristiwa Nasional Peristiwa+Hukum dan Kriminal Peristiwa-daerah Peristiwa<Sorotan Peristiwa<Sorotan<Nasional Pertanian & Ekonomi Pimpinan Pompes Polri#Nasioanal Polri-Nasional -pendidikan Pristiwa Sorotan Pemerintah Sorotan Pemerintah Pacitan Sorotan hukum dan kriminal Sorotan-Nasional Sorotan<Viral Sorotan<peristiwa Sosial Islam Sosial LSM Sosial Ramadahan TNI Nasional TNI- POLRI TNI-AD kejadian oprasi gabungan pasar Ramadan sejarah

Privilege Ayah Luluskan Anak Kandung Jadi Anggota KIP Gayo Lues

November 15, 2023 | Rabu, November 15, 2023 WIB
Aceh, Galus, Detiknewstv.com- Hubungan kekerabatan yang memiliki ikatan emosional yang kuat dapat mempengaruhi kinerja  pada sebuah lembaga terutama lembaga yang memiliki hubungan yang diatur oleh Undang - Undang.

Tragedi di Kabupaten Gayo Lues Seorang Oknum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten yang Nota Bene Adalah Ketua Komisi “A” H. Khalidin, BA selaku Panitia Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Anggota Komisi Independen Pemilihan Kabupaten Gayo Lues meluluskan anak kandungnya menjadi Anggota KIP Kabupaten Gayo Lues masa jabatan 2023-2028.

 Syahrul Husna, dalam proses yang dilakukan dalam rekrutmen tersebut Tim Independen Penjaringan menyerahkan 15 (lima belas) orang nama yang dinyatakan lulus pada  tahapan administrasi, test tertulis dan wawancara kepada Dewan Perwakilan Rakyat Kabupatan (DPRK) Gayo Lues.

Kemudian nama - nama tersebut  akan dilakukan Fit and Proper test atau Uji Kelayakan oleh DPRK Gayo Lues dengan mendelegasikan kepada komisi yang membidangi Hukum dan komisi tersebut ada di Komisi A, tanggal 07 Juli 2023 DPRK melalui pengumuman nomor : 170/68/DPRK/2023. kan melakukan Uji Kelayakan dan Kepatutan tersebut pada hari senin tanggal 10 Juli 2023 di Gedung DPRK Gaypo Lues.

Pada pengumuman DPRK  ditanda tangani oleh Ketua Komisi A DPRK Gayo Lues yaitu H. Khalidin, BA yang mengumumkan dari 15 orang nama  calon anggota tersebut. 

Namun terdapat salah seorang Anak Kandungnya bernama Syahrul Husna di nomor urut ke 15 dari nama – nama tersebut, sehingga pada tanggal dan waktu yang ditentukan agenda uji kelayakan dan kepatutan Sang Ayah lah yang Melakukan Uji kepada anak kandungnya.

Diketahui bahwa Syahrul Husna adalah anak kandung dari Khalidin berasal dari bukti konkrit berupa  Copy Kartu Keluarga nomor : 111******180001 serta keterangan dari beberapa orang saksi  dan dari keterangan idenditas tersebut diduga menerangkan bahwa kedua orang yang dimaksud tinggal di alamat yang sama.

 Lalu di tanggal 10 Juli 2023 melalui pengumuman nomor : 170/63/DPRK/2023, DPRK Mengumumkan 10 (sepuluh) orang nama yang dirincikan bahwa 5 (lima) orang nama  yang dinyatakan LULUS setelah melalui Rapat Pleno Komisi A yang dipimpin Sang Ayah Syahrul Husna yaitu Khalidin menetapkan bahwa Sayahrul Husna adalah nama yang ditetapkan sebagai salah satu Anggota KIP Kabupaten Gayo Lues periode 2023-2028.

Durat pengumuman tersebut juga ditanda tangani oleh Khalidin selaku Ketua Komisi A dan Ketua DPRK yaitu H. Ali Husin, S.H.

Dalam rangkaian proses seleksi tersebut  menurut praktisi hukum yang mengikuti jalannya proses perkembangan tahapan penjaringan dan penyaringan, J Sumbadha, S.P,S.H, M.H, M.P  menuturkan bahwa dari semula terdapat beberapa hal yang menjadi atensi patut diduga anysemething, diantaranya bahwa kekhawatiran pada masa tes tertulis melalui CAT ( Computer Assisted Test).

Sempat dipertanyakan apkah ada  formula tim pansel agar system tidak di drill nah pertanyaan ini tidak bisa dijawab konkrit oleh pansel saat itu.

 Pertanyaan ini timbul karena menurutJ sumbadha seharusnya Pasword diserahkan ketika saat test tertulis akan dimulai pada hari yang sama jadwal test CAT dilaksanakan bukan  satu hari sebelumnya seperti yang dilakukan Pansel di Gayo Lues.

Mengenai tahapan seleksi lainnya konsideran hukum yang digunakan berlaku azas Lex Specialis Derogat Lek Generalis   yaitu dengan menggunakan Qanun Aceh Nomor 6 tahun 2016 tentang Penyelenggara Pemilihan Umum dan Pemilihan Umum, namun secara tegas dalam penjelasan Qanun Aceh Tersebut mengamanahkan agar hal – hal yang belum diatur secara teknis maka berpedoman kepada Peraturan KPU RI dan peraturan lainnya. 

Selama belum diatur dan tidak bertentangan dengan Qanun Tersebut, terkait adanya hubungan Perkawinan berupa Ayah Kandung dan Anak Kandung yang terjadi pada seleksi KIP Kabupaten Gayo Lues.

 Hal tersebut telah terjadi konflik of Intrest karena adanya benturan kepentingan antara jabatan Anggota KIP Kabupaten Gayo Lues selaku Penyelenggara Pemilu yang Mandiri, Independen, Akuntable dengan Kepentingan Peserta Pemilu karena hubungan keluarga anak dan ayah,.

Apalagi Khalidin pada pemilu tahun 2024 terdaftar sebagai salah satu Calon Anggota DPRK Pada salah Satu Partai di Daerah Pemilihan Gayo Lues – 3,  nah fakta-fakta ini sesungguhnya diketahui oleh para pihak yang berkompeten dalam proses seleksi KIP kabupaten Gayo Lues periode 2023-2028 sehingga adagium hukum yang tepat disematkan adalah IGNORANTIA EXCUSATUR NON JURIS SED FACTI ( ketidak tahuan akan fakta-fakta dapat dimaafkan.

Tapi tidak demikian halnya ketidahtahuan akan hukum) dari case tersebut bahwa semua pihak berkompeten mengetahui fakta – fakta dan mengetahui aturan yang mengatur namun masih mengedepankan kepentingan individu dan ego sektoral yang kedepannya menjadi bola salju potensi konflik kepentingan dan Daerah yang kita cintai ini akan kembali menerima efek dominonya.

 Semoga lembaga Penegak Hukum yang kompetensinya menilai proses tersebut tidak tidur dan dapat berlaku objektif untuk mengambil tindakan pada kesempatan pertama.

Ketika dikonfirmasi pada reales sebelumya tentang dugaan suap J sumbadha menjawab “ Kami sudah berkoordinasi dengan Pihak berwajib dengan menyerahkan bahan keterangan Awal dan sedang menyempurnakan dalil – dalil laporan sedetail mungkin.

Seperti Bukti Visual, Bukti Pengakuan Menerima Uang dan lainnya kepada Aparat Penegak Hukum agar memudahkan Penyidik dalam mengambil langkah konkrit, walau sesunggunya saya berkeyakinan sesuai dengan filsafat hukum bahwa pengakuan adalah suatu bukti sempurna dalam proses hukum pungkasnya


Penulis : Fir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update