Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Dinas LH Ajak Masyarakat Birukan Lagi Langit Jakarta

Juli 17, 2023 | Juli 17, 2023 WIB Last Updated 2023-07-17T01:09:39Z
Jakarta ,detikNewstv.com - Guna mengurangi pulusi udara ,Dinas Lingkungan Hidup ( LH) DKI Jakarta menggelar Mini festival ayo birukan lagi Langit Jakarta di Jl.MH Thamrin Minggu ( 16/7/2023).

kegiatan yang digelar bersamaan dengan pelaksanaan hari Bebas Kendaraan Bermotor ( HBKB) ini mengusung tema " Bersenergi Kita Birukan Langit Jakarta." 

Menggandeng berbagai stakeholder ,dalam giat ini Dinas LH mengajak seluruh masyarakat untuk terus menjaga kualitas udara di Jakarta .

Kepala Dinas LH DKI. Jakarta , Asep Kuswanto mengatakan festival ini menjadi sarana edukasi publik untuk mengenal lebih dalam tentang kondisi udara Jakarta .

Dalam festival mini ini, lanjut Asep pihaknya melakukan open house mensosialisasikan fitur-fitur Stasiun Pemantau Kualitas Udara ( SPKU) reference grade DKI Bundaran HI, serta pemeran Organisasi masyarakat Sipil yang fokus soal isu udara .

Selain itu jelas Asep, pihaknya juga bersenergi dengan Dinas kesehatan menyediakan konsultasi dan pemeriksaan kesehatan gratis ke masyarakat .

" Saat ini Strategi Pengendalian Pencemaran Udara ( SPPU) merupakan prioritas Pemprov DKI yang harus dituntaskan bersama," ucap Asep.

Sebelum SPPU dituangkan dalam keputusan Gubernur yang mengikat ,jelas Asep, pihaknya terus melakukan harmonisasi rencana antar Dinas dan masyarakat parameter kinerja untuk pengawasan dan evaluasi ditetapkan .

" SPPU ini diharapkan dapat menjadi basis bagi kegiatan perencanaan dan alokasi anggaran dalam memprioritaskan kebijakan yang lebih efektif ," kata Asep

Ditegaskan Asep , Pemprov DKI Jakarta telah mengambil tindakan melalui kebijakan guna memulihkan Kualitas udara.

Salah satunya adalah dengan mengambil insiatif untuk mendorong percepatan perbaikan kualitas udara Jabodetabek melalui strategi pengendalian ,Uji emisi kenderaan bermotor ,pengelolaan dan pertukaran data terpadu ,serta inventarisasi emisi.

Untuk mewujudkan program Langit Biru Jakarta ,tegas Asep diperlukan upaya yang lebih agresif, termasuk tindakan kolaboratif di lingkuo Jabodetabek .kemudian peran serta masyarakat dengan beralih menggunakan transportasi publik masal dan memastikan kenderaan bermotornya lukus uji emisi.

" kualitas udara Jakarta bisa baik , bukan hanya dari peran pemeeintah saja akan tetapi perlu adanya peran aktif masyarakat .Salah satunya adalah dengam menggunakan transportasi publik ,melakukan uji emisi kenderaan bermotor ,tidak membakar sampah dan lainya." tandasnya

Laporan : Anto

×
Berita Terbaru Update