Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Upacara HUT ke-79 RI Jadinya di IKN Dan Jakarta, Ini Alasan Jokowi!

Juni 11, 2024 | Juni 11, 2024 WIB Last Updated 2024-06-11T10:34:55Z
Jakarta, DetikNewstv.com-Presiden Joko Widodo (Jokowi) buka suara mengenai rencana upacara kemerdekaan HUT RI ke - 79 digelar di Jakarta dan Nusantara, tak hanya digelar satu tempat. Menurutnya pertimbangan itu dilakukan karena saat ini masa transisi perpindahan ibu kota.

"Enggak, ini kan masa transisi, masa transisi dari Jakarta menuju IKN Nusantara. Agar ada perjalanan menuju perpindahannya itu kelihatan. Jadi di sini tetap dilakukan, di sana tetap dilakukan," kata Jokowi di Posyandu RPTRA Taman Sawo Kebayoran Baru, Jakarta, Selasa (11/6/2024).

Menurut Jokowi ketika peraturan presiden (Perpres) terkait perpindahan IKN sudah diteken baru dilakukan di satu tempat, yakni Nusantara.

"Nah nanti tahun depan kalau sudah ada keputusan presiden mengenai perpindahan baru nanti di IKN saja. Termasuk juga urusan yang berkaitan dengan mobilisasi, transportasi, akomodasi itu tidak mudah," kata Jokowi.

Namun menurut Jokowi dalam penyelenggaraan upacara di IKN nantinya juga akan mengundang banyak tamu penting hingga mantan presiden RI.

"Semuanya diundang, semuanya diundang. ke IKN," kata Jokowi.

Sebelumnya pemerintah memutuskan penyelenggaraan upacara kemerdekaan di dua tempat ini pada saat Rapat Terbatas terkait HUT Ke - 79 RI bersama Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Senin (10/6/2024). Hal ini diungkapkan oleh Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy.

Muhadjir menjelaskan nantinya skema yang dilakukan dalam penyelenggaraan upacara, nantinya Presiden Joko Widodo akan memimpin upacara di IKN. Di IKN nantinya juga akan dihadiri presiden terpilih Prabowo Subianto.

Sedangkan upacara di Istana Negara, Jakarta akan dipimpin oleh Wakil Presiden K.H Ma'ruf Amin, yang akan dihadiri pula wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka.

"Nanti pak wapres didampingi wapres terpilih, presiden akan didampingi presiden terpilih," kata Muhadjir.


( Anto )
×
Berita Terbaru Update