Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Indeks Berita

Nasional Sorotan Daerah Berita Peristiwa Headline Megapolitan Hukum dan kriminal KRIMINAL TNI POLRI Hukum & Kriminal hukum TNI Politik TNI AD TNI/POLRI Pendidikan News/ Megapolitan Sosial Berita > Polri Agama News > Sorotan News > Megapolitan Bisnis Budaya Internasional Hukum -Nasional pemerintah Ramadhan Artikel Olahraga Kesehatan News > Nasional Hukum & Hukum dan Krimnal News/ Sorotan TNI & Polri Artikel Nasional News > Peristiwa Polri Polri Nasional google.com kegiatan Agama Artikel News advokasi Papua YouTube Google Facebook LinkedIn MetroTV opini sosial Ramadhan Anisa Baswedan Nasional Hukum&Kriminal News > Kriminal News > Polri News> Megapolitan News> TNI AD Peristiwa Daerah #youtube #google #hello #Lazada #facebook Anies Baswedan Nasional Diskusi Hukum dan Kirminal Nasional Artikel Google.com Nasional- sorotan -Politik News /Megapolitan Pendidikan Nasional Pertanian Politik > Nasional Polri-TNI Sorotan<Nasional TNI dan polri TNI& POLRI TNI-Polri Anies Baswedan Nasional Budaya Agama Corona Desa Palsari Ekonomi Ekonomi / News Gubernur Jawabarat Hilman Hukum &Kirminal Kebakaran Kriminalisasi Lalulintas Lowongan pekerjaan Musik Nasional -sorotan Nasional Artikel Google.com Jayawijaya Papua Nasional Sorotan Nasional polri Nasional& Sorotan Nasional<Sorotan Natal New> Nasional News / Hukum & Kriminal News > Hukum & Kriminal News >Megapolitan Olahraga POLRI Organisasi PERISTIWA -SOROTAN#Nasional Pemkot Bogor Peristiwa Nasional Peristiwa+Hukum dan Kriminal Peristiwa-daerah Peristiwa<Sorotan Peristiwa<Sorotan<Nasional Pertanian & Ekonomi Pimpinan Pompes Polri#Nasioanal Polri-Nasional -pendidikan Pristiwa Sorotan Pemerintah Sorotan Pemerintah Pacitan Sorotan hukum dan kriminal Sorotan-Nasional Sorotan<Viral Sorotan<peristiwa Sosial Islam Sosial LSM Sosial Ramadahan TNI Nasional TNI- POLRI TNI-AD kejadian oprasi gabungan pasar Ramadan sejarah

Kendalikan Inflasi dan Jaga Ketahanan Pangan, PKK Indramayu Gelar Gerakan Tanam Cabai

Maret 04, 2024 | Senin, Maret 04, 2024 WIB
INDRAMAYU, DetikNewstv.com-Upya menjaga ketahanan pangan dan mengendalikan inflasi di Kabupaten Indramayu, Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Indramayu menggelar Gerakan Tanam Cabai (Gertam Cabai) PKK Serentak.

Kegiatan tersebut diselenggarakan di Desa Cantigi Kulon, Kecamatan Cantigi, Senin (4/3/2024) yang merupakan rangkaian Hari Kesatuan Gerak PKK (HKG-PKK) ke 52 tahun 2024.

Saat ini pemerintah terus memperhatikan ketersediaan stok pangan, jika stok kurang dibandingkan kebutuhan maka dapat memunculkan ketidakstabilan.

Aspek konsumsi yang meningkat tidak diimbangi dengan produksi akan menyebabnya inflansi. Maka dari itu, komoditas akan dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan keluarga, salah satu contohnya yaitu cabai.

Bupati Indramayu Nina Agusatina melalui Plt. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indramayu, Asep Abdul Mukti mengatakan, kegiatan Gertam Cabai tersebut sejalan dengan program Bupati Nina Agustina yaitu Program Pusat Pangan (PUSPA).

Tujuan Gerakan Tanam ini adalah membantu pemerintah menekan laju inflansi akibat tingginya harga jual cabai, apalagi mendekati bulan ramdahan dan lebaran.

“Gerakan tersebut dilaksanakan serentak se-Indonesia, Asep berharap masyarakat menerapkannya di rumah masing-masing. Tidak hanya cabai, tanaman lainnya pun bisa, dan ibu-ibu PKK akan bisa terus melaksanakan kegiatan tersebut,” kata Asep.

Sementara Camat Cantigi M. Zaenal Muttaqin mengatakan dengan adanya kesadaran masyarakat untuk menanam, maka kebutuhan pokok setiap keluarga bisa lebih terpenuhi.

“Ayo tingkatkan kesadaran kita semua untuk memaksimalkan ruang yang ada di pekarangan rumah untuk menanam apa pun, sehingga kebutuhan pokok bisa kita penuhi sendiri. Silakan menanam tomat, cabai, TOGA (tanaman obat keluarga), manfaatkan pekarangan di rumah kita,” katanya.

Ketua Tim Penggerak PKK Indramayu, Runisah mengatakan peran tim penggerak PKK sangatlah diperlukan untuk Gerakan Tanam tersebut.

“Jika setiap keluarga menanam, tentu kita tidak akan kesulitan ketika harga pangan melonjak. Diperlukan peran tim penggerak PKK, mulai dari tingkat Kabupaten, Kecamatan, dan juga Desa untuk melakukan Gertam ini,” ujarnya.

Upaya meningkatkan produksi dengan membudidaya cabai dengan baik dan memanfaatkan lahan yang ada, kegiatan tersebut diharapkan sebagai momentum awal untuk mengajak masyarakat giat dan semangat membudidayakan tanaman cabai. Diharapkan bisa berkelanjutan untum menjaga dan melestarikannya.

Selain itu Kuwu Cantigi, Chaerotunnisa dalam sambutannya mengatakan harapannya pada Tahun 2025 Gertam bisa diadakan menyeluruh di Kabupaten Indramayu.

“Kami sangat mendukung dan bersyukur ada Gertam di Desa Cantigi Kulon, mudah-mudahan untuk tahun depan bisa beralih di desa lain baik di Kecamatan Cantigi sampai di seluruh Kabupaten Indramayu,” ungkapnya 


( Toy) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update