Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Indeks Berita

Nasional Sorotan Daerah Berita Headline Peristiwa Megapolitan Hukum dan kriminal KRIMINAL TNI POLRI hukum Hukum & Kriminal TNI Politik TNI AD TNI/POLRI Pendidikan News/ Megapolitan Sosial Berita > Polri Agama News > Sorotan News > Megapolitan Bisnis Budaya Internasional Hukum -Nasional pemerintah Olahraga Ramadhan Artikel Kesehatan News > Nasional Hukum & Hukum dan Krimnal News/ Sorotan TNI & Polri Artikel Nasional News > Peristiwa Polri Polri Nasional google.com kegiatan Agama Artikel News advokasi Papua YouTube Google Facebook LinkedIn MetroTV opini sosial Ramadhan Anisa Baswedan Nasional Hukum&Kriminal News > Kriminal News > Polri News> Megapolitan News> TNI AD Peristiwa Daerah #youtube #google #hello #Lazada #facebook Anies Baswedan Nasional Diskusi Hukum dan Kirminal Nasional Artikel Google.com Nasional- sorotan -Politik News /Megapolitan Pendidikan Nasional Pertanian Politik > Nasional Polri-TNI Sorotan<Nasional TNI dan polri TNI& POLRI TNI-Polri Anies Baswedan Nasional Budaya Agama Corona Desa Palsari Ekonomi Ekonomi / News Gubernur Jawabarat Hilman Hukum &Kirminal Kebakaran Kriminalisasi Lalulintas Lowongan pekerjaan Musik Nasional -sorotan Nasional Artikel Google.com Jayawijaya Papua Nasional Sorotan Nasional polri Nasional& Sorotan Nasional<Sorotan Natal New> Nasional News / Hukum & Kriminal News > Hukum & Kriminal News >Megapolitan Olahraga POLRI Organisasi PERISTIWA -SOROTAN#Nasional Pemkot Bogor Peristiwa Nasional Peristiwa+Hukum dan Kriminal Peristiwa-daerah Peristiwa<Sorotan Peristiwa<Sorotan<Nasional Pertanian & Ekonomi Pimpinan Pompes Polri#Nasioanal Polri-Nasional -pendidikan Pristiwa Sorotan Pemerintah Sorotan Pemerintah Pacitan Sorotan hukum dan kriminal Sorotan-Nasional Sorotan<Viral Sorotan<peristiwa Sosial Islam Sosial LSM Sosial Ramadahan TNI Nasional TNI- POLRI TNI-AD kejadian oprasi gabungan pasar Ramadan sejarah

BEM STKIP Pacitan Kolaborasi Bersama DKP Gelar Sarasehan Kebudayaan, Ciptakan Paradigma Baru

Juni 18, 2023 | Minggu, Juni 18, 2023 WIB
Pacitan, Jawa Timur detiknewstv.com - Sarasehan Kebudayaan yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Pacitan yang berkolaborasi dengan Dewan Kesenian Pacitan (DKP) telah terlaksana dengan baik pada Kamis, 15 Juni 2023. 

Acara ini digelar di Gedung Karya Dharma Kabupaten Pacitan dengan menghadirkan Kusen Alipah Hadi sebagai pembicara.

Didalam acara tersebut juga turut dihadiri Andi Faliandra yang selaku Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kabupaten Pacitan, Ketua STKIP PGRI Pacitan beserta jajarannya, pegiat seni dan budaya Kabupaten Pacitan, mahasiswa dari berbagai kampus di Pacitan, dan siswa jenjang sekolah menengah atas Kabupaten Pacitan.
Lalu pada acara tersebut membahas segala hal dalam ranah kebudayaan, sehingga bisa memberikan pengalaman yang menginspirasi dan memperkuat pemahaman tentang budaya itu sendiri. 
Pada kali ini merupakan momentum berharga bagi siswa, mahasiswa, para pegiat seni untuk berkumpul, berdiskusi serta merayakan kekayaan budaya yang ada di Pacitan dan budaya secara nasional.

Salah satu aspek penting yang ditekankan dalam sarasehan kebudayaan ini adalah kolaborasi memainkan peran yang sangat penting dalam konsep budaya di era saat ini, karena pada era ini juga memiliki tantangan global yang kompleks sehingga membutuhkan upaya kolaboratif dari seluruh masyarakat untuk mengatasinya. 

Melalui panel diskusi yang melibatkan tokoh-tokoh budaya terkemuka, pada kali ini yaitu kesempatan untuk mendengarkan beragam perspektif dan pengalaman.

Hal ini membuka wawasan baru tentang berbagai budaya yang ada di sekitar kita. Berbicara tentang kebudayaan, pembahasan sarasehan ini tak lepas dari apa itu identitas. 

Hubungan antara budaya dan identitas sangat erat. Identitas seseorang, baik itu individu atau kelompok, seringkali dipengaruhi oleh budaya tempat mereka tumbuh dan berkembang. Budaya mencakup nilai-nilai, norma, keyakinan, bahasa, adat istiadat, dan tradisi yang dianut oleh suatu kelompok masyarakat.

“Melalui momentum Sarasehan Kebudayaan ini, mari kembali mengingatkan kita akan kesadaran kolektif untuk memiliki paradigma baru dalam menghadapi tantangan krisis identitas dan disrupsi teknologi yang berkembang begitu cepat dan pesat. Tiba saatnya bagi kita sebagai insan muda untuk memegang jati diri dan identitas kita sebagai generasi penerus bangsa. Tanamkan nilai-nilai budaya dalam diri guna mendukung diri kita agar dapat memanfaatkan teknologi untuk memajukan bangsa ini," Ujar Presiden Mahasiswa STKIP PGRI Pacitan dalam sambutannya.

Dalam sambutannya Dr. Mukodi, M.S.I selaku Ketua STKIP PGRI Pacitan, menyampaikan bahwa, "Anak mudalah yang akan meletakkan dan merekatkan budaya-budaya khususnya yang ada di Kota Pacitan yang adik luhung ini. Perlu kita sadari bahwa budaya yang kita miliki sifatnya sangat mulia dan memiliki nilai-nilai yang dihormati dalam kalangan masyarakat," Pungkasnya.

Melalui momentum Hari Sarasehan kebudayaan ini seharusnya kembali mengingatkan kita akan kesadaran kolektif untuk memiliki paradigma baru dalam menghadapi tantangan krisis identitas dan disrupsi teknologi yang berkembang begitu cepat dan pesat. Tiba saatnya bagi kita sebagai insan muda untuk memegang jati diri dan identitas kita sebagai generasi penerus bangsa. Tanamkan nilai-nilai budaya dalam diri kita guna mendukung diri kita agar dapat memanfaatkan teknologi untuk memajukan bangsa ini.***

Penulis : Jefri Asmoro Diyatno

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update