Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Masa Jabatan Kepala Desa Bertambah

Juni 29, 2024 | Juni 29, 2024 WIB Last Updated 2024-06-28T23:43:51Z
Photo ; Muhammad Zein Damanik

Batubara, DetikNewstv.com-Selamat Bertugas Dengan Benar Atas Bertambahnya Masa Jabatan Kepala Desa
Oleh: Muhammad Zein Damanik selaku Ketua Ikatan Alumni Keluarga Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia Batu Bara (PD. IKA BKPRMI).Jum’at (28/6/2024)

Ingatlah saudara-saudari Kepala Desa bahwa, Masyarakat memberikan amanah berupa kepercayaan, jadikanlah amanah sebagaimana mestinya. 

Semoga jabatan itu bisa membawa berkah bukan membawa malapetaka, jangan hanya takut kepada atasan tetapi tidak takut kepada tuhan sebagai pencipta semesta alam. 

Dalam Al-Qur’an Surah Al-Baqarah ayat 30 dijelaskan, seorang pemimpin atau khalifah diharapkan tidak merusak kepemimpinannya, karena Allah SWT Maha mengetahui. 

وَاِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلٰۤىِٕكَةِ اِنِّيْ جَاعِلٌ فِى الْاَرْضِ خَلِيْفَةً ۗ قَالُوْٓا اَتَجْعَلُ فِيْهَا مَنْ يُّفْسِدُ فِيْهَا وَيَسْفِكُ الدِّمَاۤءَۚ وَنَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَ ۗ قَالَ اِنِّيْٓ اَعْلَمُ مَا لَا تَعْلَمُوْنَ ٣٠

Artinya: “(Ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat, “Aku hendak menjadikan khalifah di bumi.” Mereka berkata: “Apakah Engkau hendak menjadikan orang yang merusak dan menumpahkan darah di sana, sedangkan kami bertasbih memuji-Mu dan menyucikan nama-Mu?” Dia berfirman, “Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui. (QS. Al-Baqarah : 30).

Selain Surah Al-Baqarah, dalam Al-Qur’an Surah An Nisa ayat 59 juga mengingatkan kita sebagai orang yang beriman agar senantiasa ingat dan taat kepada Allah dan Rasullulah. 

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اَطِيْعُوا اللّٰهَ وَاَطِيْعُوا الرَّسُوْلَ وَاُولِى الْاَمْرِ مِنْكُمْۚ فَاِنْ تَنَازَعْتُمْ فِيْ شَيْءٍ فَرُدُّوْهُ اِلَى اللّٰهِ وَالرَّسُوْلِ اِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُوْنَ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِۗ ذٰلِكَ خَيْرٌ وَّاَحْسَنُ تَأْوِيْلًا ࣖ ٥٩

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nabi Muhammad) serta ululamri (pemegang kekuasaan) di antara kamu. Jika kamu berbeda pendapat tentang sesuatu, kembalikanlah kepada Allah (Al-Qur’an) dan Rasul (sunahnya) jika kamu beriman kepada Allah dan hari Akhir. Yang demikian itu lebih baik (bagimu) dan lebih bagus akibatnya (di dunia dan di akhirat)”.

Selain itu, memetik dalam Al-Qur’an Surah Ahad ayat 26, Allah SWT memberikan ilmu untuk seorang pemimpin dalam mengambil sebuah langkah berupa keputusan untuk kemaslahatan umat. 

يٰدَاوٗدُ اِنَّا جَعَلْنٰكَ خَلِيْفَةً فِى الْاَرْضِ فَاحْكُمْ بَيْنَ النَّاسِ بِالْحَقِّ وَلَا تَتَّبِعِ الْهَوٰى فَيُضِلَّكَ عَنْ سَبِيْلِ اللّٰهِ ۗاِنَّ الَّذِيْنَ يَضِلُّوْنَ عَنْ سَبِيْلِ اللّٰهِ لَهُمْ عَذَابٌ شَدِيْدٌ ۢبِمَا نَسُوْا يَوْمَ الْحِسَابِ ࣖ ٢٦

Artinya: “(Allah berfirman,) “Wahai Daud, sesungguhnya Kami menjadikanmu khalifah (penguasa) di bumi. Maka, berilah keputusan (perkara) di antara manusia dengan hak dan janganlah mengikuti hawa nafsu karena akan menyesatkan engkau dari jalan Allah. Sesungguhnya orang-orang yang sesat dari jalan Allah akan mendapat azab yang berat, karena mereka melupakan hari Perhitungan”.

Dari itu, marilah sama-sama kita berpedoman dalam sebuah kepemimpinan pada khalifah-khalifah terdahulu. 

Kembali saya mengucapkan, selamat diperpanjangnya masa jabatan Kepala Desa se-Indonesia, khusus di Kabupaten Batubara.


( Mnr)



×
Berita Terbaru Update