Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Renja Sekretariat DPRD Kota Depok Optimalisasi Pelaksanaan Tri Fungsi

Maret 24, 2024 | Maret 24, 2024 WIB Last Updated 2024-03-25T00:14:48Z


Depok, DetikNewstv.com-Perencanaan adalah suatu keharusan agar apa yang sudah direncanakan, bisa berjalan dengan baik,Demikian ungkap ketua DPRD Kota Depok, TM. Yusufsyah Putra di forum Renja (Rencana Kerja) DPRD tahun 2025 yang digelar bertempat diruang paripurna DPRD ( Dewan Perwakilan Rakyat Daerah),jalan Boulevard Grand Depok City, Jumat (23/02/24).

Pada renja kali ini TM. Yusufsyah Putra mengatakan, selain adanya perencanaan juga harus tetap bersinergi dan anggota-anggota DPRD dapat menjalankan sesuai dengan fungsinya.Ia mengajak untuk tetap bersinergi dalam menjalankan perencanaan agar tetap berjalan dengan baik,ujarnya.

Mengambil tema,“Optimalisasi Pelaksanaan Tri Fungsi DPRD Kota Depok,” diharapkan adanya peningkatan fungsi pengawasan, pembentukan peraturan daerah (perda) sesuai kebutuhan masyarakat, dan penganggaran.

“Sebagai pengawas dan pemantau, DPRD akan terus mengawasi penggunaan anggaran yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Dalam pembentukan perda, DPRD akan terus berkoordinasi dengan perangkat daerah terkait. Pasalnya, pembentukan atau revisi perda dapat dilakukan berdasarkan inisiasi DPRD maupun pemerintah.

Terkait peningkatan fungsi anggaran, dilakukan sesuai dengan proses penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Depok. Tentunya, imbuhnya, sesuai dengan dokumen perencanaan yang telah ditetapkan.

TM. Yusufsyah Putra menambahkan,
adanya mengoptimalkan tiga fungsi tersebut, dapat merealisasikan usulan masyarakat,hal ini diharapkan warga Kota Depok dapat lebih meningkat status hidupnya dan lebih sejahtera,tandasnya.

Untuk diketahui,tiga (Tri) fungsi DPRD , yaitu : 1-.Legislasi (Berkaitan dengan pembentukan peraturan daerah), lalu 2-.Anggaran, (kewenangan dalam hal anggaran daerah/APBD) serta 3-.Pengawasan ( Mengontrol pelaksanaan Perda dan peraturan lainnya juga kebijakan pemerintah daerah).


Penulis : Betman

×
Berita Terbaru Update