Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Peresmian Pos Kamling Rw 02 Balekambang Kramatjati Dihadiri Polisi Jepang Jica

Desember 03, 2023 | Desember 03, 2023 WIB Last Updated 2023-12-04T00:05:46Z
Jakarta, Detiknewstv.com - Polisi Jepang sebagai Program Manager dari Japan International Cooperation Agency (JICA) Kombes Pol. Mr. OTA AKIHITO  melakukan kunjungan ke pos keamanan lingkungan (Poskamling) di Rw. 002 Kel. Balekambang di Jl. Manunggal XIII Rt.005/002 Kel. Balekambang Kec.Kramatjati Jaktim. Sabtu malam (02/12/23).

Wakasat Bimas Polres Metro Jaktim AKP Heru yang mendampingi JICA dalam kegiatan kunjungan dan peresmian Poskamling RW 02 Balekambang mengatakan bahwa setiap RW wajib ada Poskamling nya.

" Wajib ada Poskamling di setiap RW, itu untuk Menjaga Keamanan Warga setempat." Ungkapnya. 

" Poskamling selain sebagai tempat penjagaan keamanan lingkungan, juga tempat sambung rasa dan bersosialisasi antara masyarakat satu dengan masyarakat lainnya." Tambah Heru.

Selanjutnya Kapolsek Kramat jati dan tamu undangan meresmikan Poskamling RW 002  Balekambang Kramat jati dengan didampingi sejumah Tokoh masyarakat setempat.

" Dengan aktifnya Pos Kamling di RW 002 ini, diharapkan masyarakat mempunyai kesadaran dalam melaksanakan tugas kewajibannya ikut berperan serta dalam menciptakan keamanan dan kenyamanan dan turut  menjaga lingkungan melalui kegiatan ronda malam" ungkap Kompol H. Rusit Malaka.

Tampak Mr. Ota mengecek sejumlah peralatan yang ada di Poskamling itu. Ia juga berbincang secara langsung dengan warga di sana, termasuk personil Bhabinkamtibmas Kel. Balekambang.

" Bagaimana cara bekerja pembagian tugas siskamling serta bagaimana sistem bekerjanya ? " Tanya Ota Akihito.

Dijelaskan Kapolsek bahwa dengan Keberadaan poskamling menjadikan sarana untuk menciptakan situasi keamanan lingkungan melalui kegiatan ronda. Juga menjadi ajang berkumpul bersama warga, menjadi wadah saling berbagi informasi dan komunikasi. 

" Tradisi yang sekarang lebih di kenal dengan istilah sistem keamanan lingkungan (siskamling) ini dilakukan secara bergilir oleh masing masing kepala keluarga, ." Jelas Kapolsek.

" Keberadaan poskamling menjadikan sarana untuk menciptakan situasi keamanan lingkungan melalui kegiatan ronda. Juga menjadi ajang berkumpul bersama warga, menjadi wadah saling berbagi informasi dan komunikasi." Tambahnya.

Penulis : Anto.s
×
Berita Terbaru Update