Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Indeks Berita

Nasional Sorotan Daerah Berita Peristiwa Headline Megapolitan Hukum dan kriminal TNI POLRI KRIMINAL Hukum & Kriminal hukum Politik TNI TNI AD TNI/POLRI Pendidikan Berita > Polri Sosial Agama News/ Megapolitan News > Sorotan News > Megapolitan Bisnis Internasional Budaya Hukum -Nasional Ramadhan pemerintah Artikel Olahraga News > Nasional Kesehatan Hukum & Hukum dan Krimnal News/ Sorotan TNI & Polri Artikel Nasional News > Peristiwa Polri Polri Nasional google.com kegiatan Agama Artikel News advokasi Papua YouTube Google Facebook LinkedIn MetroTV opini Anisa Baswedan Nasional Hukum&Kriminal News > Kriminal News > Polri News> Megapolitan News> TNI AD Peristiwa Daerah sosial Ramadhan #youtube #google #hello #Lazada #facebook Anies Baswedan Nasional Diskusi Hukum dan Kirminal Nasional Artikel Google.com Nasional- sorotan -Politik News /Megapolitan Pendidikan Nasional Pertanian Politik > Nasional Polri-TNI Sorotan<Nasional TNI dan polri TNI& POLRI TNI-Polri Anies Baswedan Nasional Budaya Agama Corona Desa Palsari Ekonomi Ekonomi / News Gubernur Jawabarat Hilman Hukum &Kirminal Kebakaran Kriminalisasi Lalulintas Lowongan pekerjaan Musik Nasional -sorotan Nasional Artikel Google.com Jayawijaya Papua Nasional Sorotan Nasional polri Nasional& Sorotan Nasional<Sorotan Natal New> Nasional News / Hukum & Kriminal News > Hukum & Kriminal News >Megapolitan Olahraga POLRI Organisasi PERISTIWA -SOROTAN#Nasional Pemkot Bogor Peristiwa Nasional Peristiwa+Hukum dan Kriminal Peristiwa-daerah Peristiwa<Sorotan Peristiwa<Sorotan<Nasional Pertanian & Ekonomi Pimpinan Pompes Polri#Nasioanal Polri-Nasional -pendidikan Pristiwa Sorotan Pemerintah Sorotan Pemerintah Pacitan Sorotan hukum dan kriminal Sorotan-Nasional Sorotan<Viral Sorotan<peristiwa Sosial Islam Sosial LSM Sosial Ramadahan TNI Nasional TNI- POLRI TNI-AD kejadian oprasi gabungan pasar Ramadan sejarah

Ketua Umum Pemantau Keuangan Negara Lakukan Eksekusi Terhadap Tiga Kades Kabupaten Batang Hari

Desember 04, 2023 | Senin, Desember 04, 2023 WIB
Muara Bungin, Detiknewstv.com-
Pemantau Keuangan Negara PKN  Bersaama  Ketua Pengadilan Negeri Muara Bulian Kabupaten Batang Hari Provinsi  jambi melakukan Eksekusi Hasil Putusan Penetapan Eksekusi PTUN Jambi , demikian di sampaikan Patar Sihotang SH MH Ketua Umum PKN   pada saat konfrensi pers di depan Kantor PN Muara Bulian , Senin, (4 /12/ 2023.
 
Patar Sihotang yang di dampingi Tim PKN Kabupaten Batang hari
,Mengatakan. Bahwa eksekusi dokumen Informasi ini terpaksa di lakukan lewat pengadilan Negeri  3 Karena Para Termohon eksekusi  tidak mau memberikan Secara sukarela Hasil Putusan Komisi Informasi Provinsi jambi ,adapun hasil putusan itu adalah putusan sengketa Informasi PKN sebagai Pemohon melawan  3 Kepala desa sebagai termohon antara lain Kades Kembang seri,  Kades Kubu Kandang dan Kades Rengas IX .

Patar Sihotang menjelaskan  Eksekusi ini berawal dari  informasi dari masyarakat bahwa diduga ada penyimpangan dan dugaan korupsi pada penggunaan dana desa dan dana lainnya, 

Selanjutnya sesuai dengan SOP PKN sebelum melaksanakan Investigasi terlalih dahulu mendapatkan informasi awal berupa APBDES dan LPJ APBDeS dan Daftar aset dan LPJ penggunaan Dana Covid 19.

  Untuk Mendapatkan informasiawal tersebut PKN melakukan Permohonan Informasi sesuai dengan Mekanisme UU no14 Tahun 2008 dan Perki 1 Tahun 2018 tentang Standart Informasi Dana Desa kepada  3 kepala desa tersebut diatas.

Namun tidak di respon ,sehingga PKN melakukan keberatan sesuai mekanisme Perki 1 Tahun 2021 dan Peki 1 Tahun 2018 ,dan surat keberatan PKN itu pun tidak di respon atau di tanggapai.

Sehingga PKN melakukan Pendaftaran sengketa Informasi Publik ke Komisi Informasi Provinsi Jambi , sesuai dengan mekanisme Perki 1 Tahun 2013 tentang Prosedur Sengketa Informasi Publik.

Patar menjelaskan adapun tujuan Permohonan Informasi Ini Untuk mendapatkan Informasi awal atau Bukti awal dalam melaksanakan Investigasi dan Observasi tentang dugaan Korupsi di Desa desa seperti di maksud pada pasal 2 ayat 2 PP 43 Tahun 2018 tentang  Peran serta Rakyat dalam pembrantasan dan pencegahan korupsi.

Dan lebih utama lagi sebagai Bahan edukasi kepada seluruh Para kades di Indonesia bahwa APBDES dan LPJ APBDES bukan lah Informasi  Rahasia atau tertutup  namun terbuka dan semua masyarakat wajib mengetahui nya , karena Dana Desa berasal dari APBN yang berasal dari Pajak Rakyat .

Setelah Dilakukan persidangan di Komisi Informasi Provinsi Jambi , Maka di peroleh hasil bahwa 3 Kades sebagai Termohon ,akan memberikan Informasi yang di mohonkan PKN ,adapun informasi publik yang di mohonkan PKN adalah  APBDes  dan LPJ APBDES dan LPJ APDES dan LPJ Penggunaan Dana Covid 19 dan Laporan Aset Desa . demikian di sampaikan Patar.

Patar sihotang juga menjelaskan , bahwa berdasarkan Keputusan Komisi Informasi Jambi yang sudah Incrah atau berkekuatan tetap ,Tim PKN Batang hari mendatangi 3 Kades tersebut.

Namun memberikan dokumen yang tidak sesuai harapan atau yang di mohonkan oleh PKN , sehingga PKN melakukan Permohonan Eksekusi seperti dimaksud pada Peraturan Mahkamah agung Nomor 002 Tahun 2011 Tentang Prosedur  sengketa Informasi Di Pengadilan Umum . maka PKN memohon agar Ketua Pengadilan Negeri Muara Bulian  melaksanakan eksekusi Putusan Komisi Informasi Jambi .

Persidangan Eksekusi yang di Pimpin lansung ketua Pengadilan negeri Muara Bulian Sri Peni yudwati SH sudah di laksanakan sebanyak 3 kali ,namun  3 Kades termohon eksekusi ,belum bersedia memberikan Informasi Publik sesuai amar Putusan Komisi Informasi Jambi.

 Sehingga sampai sekarang pesidangan ke 4 hari senin tanggal 4 November 2023 PKN memutuskan Tidak menerima Dokumen tersebut sebelum semua lengkap dan utuh sesuai  amar Putusan dan Permendagri no 20 Tahun 2018 …ungkap patar sihotang  yang datang dari jakarta .

Patar sihotang dan Tim PKN Batang Hari berharap agar para kepala desa memberikan Dokumen sesuai dengan amar putusan ,Untuk menghindari Tuntutan Pidana PKN sebagaimana di sesebut pasal 52 UU No 14 tahun 2008 tentang Pidana Khusus Keterbukaan Informasi .dan apabila tidak di berikan juga maka PKN akan meminta Berita acara dari Ketua Pengadilan sebagai Bukti PKN melaporkan Pidana ke Polda Jambi  demikian ucap patar sihotang , Mengakhiri Konfrensi Pers dan lansung menuju Mobil meuju Jambi ,karena akan berangkat lansung  Ke jakarta .


Penulis : Tim Redaksi 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update