Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Saluran Air Jl H Naman Pondok Kelapa Dikuras

November 17, 2023 | November 17, 2023 WIB Last Updated 2023-11-17T01:23:53Z

Jakarta, detiknewstv.com- Saluran air sepanjang sekitar 100 meter di Jalan H. Naman, Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur dikuras. Ini sebagai upaya pencegahan genangan saat musim hujan.

Pantauan di lapangan, Jumat (16/11), pengurasan dilakukan 16 personel Satgas Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Duren Sawit secara manual. Mereka bergantian masuk ke dalam gorong-gorong melalui bak kontrol saluran selebar 80 sentimeter, untuk mengangkat endapan lumpur yang tebalnya mencapai sekitar 90 sentimeter.

Jery Syahrul, salah satu personel pasukan biru Kecamatan Duren Sawit mengatakan, pengurasan saluran air ini sudah dilakukan sejak dua pekan lalu, guna mengatasi genangan di sekitar jalan tersebut saat terjadi hujan deras.

"Saluran kita kuras agar bisa menampung banyak air saat hujan, biar tidak meluap dan menggenangi jalan," katanya.

Wahyu Hidayat, personel pasukan biru lainnya menambahkan, proses pengurasan ini memakan waktu agak lama karena mereka mesti bergantian masuk ke dalam gorong saluran. Ada yang mengeruk lumpur, memasukan ke dalam karung plastik dan mengangkat ke atas.

"Karena lumpur basah maka untuk sementara diletakkan di atas saluran terlebih dulu. Setelah kering, nantinya lumpur dibuang, menggunakan truk," tandasnya.

Mereka memperkirakan, pekerjaan pengurasan saluran sedalam satu meter ini selesai pekan depan.


Penulis : Anto

×
Berita Terbaru Update