Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Indeks Berita

Nasional Sorotan Daerah Berita Peristiwa Headline Megapolitan Hukum dan kriminal KRIMINAL TNI POLRI Hukum & Kriminal hukum TNI Politik TNI AD TNI/POLRI Pendidikan News/ Megapolitan Sosial Berita > Polri Agama News > Sorotan News > Megapolitan Bisnis Budaya Internasional Hukum -Nasional pemerintah Ramadhan Artikel Olahraga Kesehatan News > Nasional Hukum & Hukum dan Krimnal News/ Sorotan TNI & Polri Artikel Nasional News > Peristiwa Polri Polri Nasional google.com kegiatan Agama Artikel News advokasi Papua YouTube Google Facebook LinkedIn MetroTV opini sosial Ramadhan Anisa Baswedan Nasional Hukum&Kriminal News > Kriminal News > Polri News> Megapolitan News> TNI AD Peristiwa Daerah #youtube #google #hello #Lazada #facebook Anies Baswedan Nasional Diskusi Hukum dan Kirminal Nasional Artikel Google.com Nasional- sorotan -Politik News /Megapolitan Pendidikan Nasional Pertanian Politik > Nasional Polri-TNI Sorotan<Nasional TNI dan polri TNI& POLRI TNI-Polri Anies Baswedan Nasional Budaya Agama Corona Desa Palsari Ekonomi Ekonomi / News Gubernur Jawabarat Hilman Hukum &Kirminal Kebakaran Kriminalisasi Lalulintas Lowongan pekerjaan Musik Nasional -sorotan Nasional Artikel Google.com Jayawijaya Papua Nasional Sorotan Nasional polri Nasional& Sorotan Nasional<Sorotan Natal New> Nasional News / Hukum & Kriminal News > Hukum & Kriminal News >Megapolitan Olahraga POLRI Organisasi PERISTIWA -SOROTAN#Nasional Pemkot Bogor Peristiwa Nasional Peristiwa+Hukum dan Kriminal Peristiwa-daerah Peristiwa<Sorotan Peristiwa<Sorotan<Nasional Pertanian & Ekonomi Pimpinan Pompes Polri#Nasioanal Polri-Nasional -pendidikan Pristiwa Sorotan Pemerintah Sorotan Pemerintah Pacitan Sorotan hukum dan kriminal Sorotan-Nasional Sorotan<Viral Sorotan<peristiwa Sosial Islam Sosial LSM Sosial Ramadahan TNI Nasional TNI- POLRI TNI-AD kejadian oprasi gabungan pasar Ramadan sejarah

Hampir Rampung, Jabatan Kades Terbaru 8 Tahun, Simak Perbedaan Kades - Lurah

Maret 02, 2024 | Sabtu, Maret 02, 2024 WIB
JAKARTA, DetikNewstv.com- Kepala Desa (Kades) adalah pejabat pemerintahan yang dipilih secara langsung masyarakat desa untuk memimpin penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan di desa.

Kades memiliki peran penting dalam mewujudkan desa yang mandiri, sejahtera, dan berdaya saing.

Namun, berapa lama masa jabatan kades? Apa saja tugas dan tanggungjawab kades? Bagaimana perbedaan kades dengan lurah? Berikut ulasannya.

Masa Jabatan Kades

Masa jabatan kades adalah delapan tahun, yang terhitung sejak tanggal pelantikan. Kades dapat dipilih kembali untuk satu kali masa jabatan berikutnya.

Hal ini berdasarkan revisi Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa yang disahkan DPR dan pemerintah pada Februari 2024.

Revisi UU Desa ini mengubah ketentuan sebelumnya yang menetapkan masa jabatan kades hanya enam tahun, dengan maksimal tiga periode.

Alasan perubahan ini adalah untuk memberikan kesempatan Kades yang berprestasi untuk melanjutkan pembangunan desa, serta mencegah terjadinya monopoli kekuasaan dan dinasti politik di desa.

Tugas dan Tanggungjawab Kades

Tugas dan tanggungjawab kades diatur dalam Pasal 35 UU Desa. Secara umum, kades bertugas:
– Mengangkat dan memberhentikan perangkat desa.
– Menetapkan peraturan desa.
– Menetapkan anggaran pendapatan dan belanja desa.
– Membina kehidupan masyarakat desa.

Selain itu, kades juga bertanggung jawab:
– Menyelenggarakan pelayanan publik di desa.
– Menjaga ketertiban, keamanan, dan ketentraman di desa.
– Menyusun rencana pembangunan desa bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD)  dan  lembaga kemasyarakatan desa.
– Melaporkan pelaksanaan pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan desa kepada pemerintah daerah dan masyarakat desa.

Perbedaan Kades dengan Lurah
Kades dan lurah adalah dua pejabat pemerintahan yang berbeda. Kades adalah pejabat pemerintahan desa, sedangkan lurah adalah pejabat pemerintahan kelurahan.

Desa dan kelurahan adalah dua jenis wilayah administrasi yang berbeda.
Desa adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas wilayah yang berwenang mengatur dan mengurus urusan pemerintahan, kepentingan masyarakat setempat, dan hak asal usulnya.

Desa memiliki otonomi luas dalam mengurus urusan sendiri, termasuk mengelola dana desa yang bersumber dari APBN.

Kelurahan adalah wilayah kerja camat yang merupakan bagian dari wilayah administrasi kecamatan.

Kelurahan tidak memiliki otonomi seperti desa, melainkan hanya melaksanakan tugas pemerintahan yang didelegasikan oleh pemerintah daerah.

Lurah juga tidak memiliki kewenangan mengelola keuangan dan aset kelurahan, melainkan hanya mengusulkan anggaran kepada camat. 


( ANTO)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update