Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Indeks Berita

Nasional Sorotan Daerah Berita Peristiwa Headline Hukum dan kriminal Megapolitan TNI POLRI KRIMINAL Hukum & Kriminal hukum Politik TNI AD TNI TNI/POLRI Pendidikan Berita > Polri Sosial Agama News/ Megapolitan News > Sorotan News > Megapolitan Bisnis Internasional Hukum -Nasional Budaya Ramadhan pemerintah Artikel Olahraga News > Nasional Hukum & Hukum dan Krimnal Kesehatan News/ Sorotan TNI & Polri Artikel Nasional News > Peristiwa Polri Polri Nasional google.com kegiatan Agama Artikel News advokasi Papua YouTube Google Facebook LinkedIn MetroTV opini Anisa Baswedan Nasional Hukum&Kriminal News > Kriminal News > Polri News> Megapolitan News> TNI AD Peristiwa Daerah sosial Ramadhan #youtube #google #hello #Lazada #facebook Anies Baswedan Nasional Diskusi Hukum dan Kirminal Nasional Artikel Google.com Nasional- sorotan -Politik News /Megapolitan Pendidikan Nasional Pertanian Politik > Nasional Polri-TNI Sorotan<Nasional TNI dan polri TNI& POLRI TNI-Polri Anies Baswedan Nasional Budaya Agama Corona Desa Palsari Ekonomi Ekonomi / News Gubernur Jawabarat Hilman Hukum &Kirminal Kebakaran Kriminalisasi Lalulintas Lowongan pekerjaan Musik Nasional -sorotan Nasional Artikel Google.com Jayawijaya Papua Nasional Sorotan Nasional polri Nasional& Sorotan Nasional<Sorotan Natal New> Nasional News / Hukum & Kriminal News > Hukum & Kriminal News >Megapolitan Olahraga POLRI Organisasi PERISTIWA -SOROTAN#Nasional Pemkot Bogor Peristiwa Nasional Peristiwa+Hukum dan Kriminal Peristiwa-daerah Peristiwa<Sorotan Peristiwa<Sorotan<Nasional Pertanian & Ekonomi Pimpinan Pompes Polri#Nasioanal Polri-Nasional -pendidikan Pristiwa Sorotan Pemerintah Sorotan Pemerintah Pacitan Sorotan hukum dan kriminal Sorotan-Nasional Sorotan<Viral Sorotan<peristiwa Sosial Islam Sosial LSM Sosial Ramadahan TNI Nasional TNI- POLRI TNI-AD kejadian oprasi gabungan pasar Ramadan sejarah

Bupati Nina Agustina Gerak Cepat Tanganu Irigasi dan Datangi Langsung ke Bendungan Karet

Februari 02, 2024 | Jumat, Februari 02, 2024 WIB
INDRAMAYU, DetikNewstv.com-Direspon langsung keluhan petani terkait irigasi, Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina datangi langsung pintu air dan bendungan karet, Jum’at (2/2/2024).

Kunjungan pertama diawali di Bendungan Cipanas II (Caplokan) Desa Krimun, di tempat ini Bupati Indramayu bertemu langsung dengan para kuwu di Kecamatan Losarang yang wilayah areal sawahnya belum terairi secara keseluruhan.

Selanjutnya, kunjungan ke Bendungan Cilet di Desa Santing. Di lokasi ini Bupati Nina mendapati bendungan karet yang rusak dan jebol. Rusaknya bendungan karet tersebut mengakibatkan air yang masuk ke sungai tidak bisa ditahan dan langsung terbuang ke muara dan laut. Kondisi demikian air tidak dapat masuk ke sawah dan saat ini mengalami keterlambatan tanam padi.

Selanjutnya, kunjungan dilakukan di Pintu Air BT 15 Desa Karangasem Kecamatan Terisi. Di lokasi ini terdapat penurunan debit air hanya 15 kubik yang seharusnya 27 kubik (kondisi normal). Penurunan debit air di pintu BT 15 ini mengakibatkan pendistribusian ke wilayah barat dan utara juga mengalami penurunan.

Melihat kondisi demikian, orang nomor satu di Indramayu tersebut langsung menghubungi BBWS Cimanuk-Cisanggarung untuk segera mengatasi permasalahan irigasi yang ada di tempat tersebut.

“Tadi saya langsung telepon BBWS, mereka siang ini segera kirim tim ke sini dan harus mengatasi kerusakan bendungan karet ini. Solusinya harus segera karena petani sudah masuk musim tanam,” tegas Nina.

Selanjutnya, Nina juga meminta kepada BBWS untuk menambah debit air di BT 15 ke kondisi normal agar air bisa sampai barat dan utara.

Untuk mengatasi permasalahan irigasi dan masalah pertanian lainnya, Bupati Nina juga meminta kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) untuk membentuk Satgas di wilayah-wilayah irigasi.

“Untuk mengatasi keadaan sementara, kami siapkan pompa air untuk dipinjamkan kepada petani Desa Karangasem Kecamatan Terisi karena sumber air mereka berasal dari irigasi Sumur Watu,” kata Nina yang disambut antusias para petani.

Nina menambahkan, masalah irigasi ini harus menjadi perhatian serius oleh semua pihak. Pasalnya Kabupaten Indramayu menjadi daerah yang diberikan amanat oleh pemerintah pusat sebagai lumbung padi nasional sebagai upaya mewujudkan ketahanan pangan nasional.

“Kita berharap permasalahan pertanian ini secara bertahap terus kita selesaikan. Semoga petani Indramayu menjadi lebih sejahtera dan bermartabat,” tegas Nina. 



( Toy) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update