Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Indeks Berita

Nasional Sorotan Daerah Berita Headline Peristiwa Megapolitan Hukum dan kriminal KRIMINAL TNI POLRI hukum Hukum & Kriminal TNI Politik TNI AD TNI/POLRI Pendidikan News/ Megapolitan Sosial Berita > Polri Agama News > Sorotan News > Megapolitan Bisnis Budaya Internasional Hukum -Nasional pemerintah Olahraga Ramadhan Artikel Kesehatan News > Nasional Hukum & Hukum dan Krimnal News/ Sorotan TNI & Polri Artikel Nasional News > Peristiwa Polri Polri Nasional google.com kegiatan Agama Artikel News advokasi Papua YouTube Google Facebook LinkedIn MetroTV opini sosial Ramadhan Anisa Baswedan Nasional Hukum&Kriminal News > Kriminal News > Polri News> Megapolitan News> TNI AD Peristiwa Daerah #youtube #google #hello #Lazada #facebook Anies Baswedan Nasional Diskusi Hukum dan Kirminal Nasional Artikel Google.com Nasional- sorotan -Politik News /Megapolitan Pendidikan Nasional Pertanian Politik > Nasional Polri-TNI Sorotan<Nasional TNI dan polri TNI& POLRI TNI-Polri Anies Baswedan Nasional Budaya Agama Corona Desa Palsari Ekonomi Ekonomi / News Gubernur Jawabarat Hilman Hukum &Kirminal Kebakaran Kriminalisasi Lalulintas Lowongan pekerjaan Musik Nasional -sorotan Nasional Artikel Google.com Jayawijaya Papua Nasional Sorotan Nasional polri Nasional& Sorotan Nasional<Sorotan Natal New> Nasional News / Hukum & Kriminal News > Hukum & Kriminal News >Megapolitan Olahraga POLRI Organisasi PERISTIWA -SOROTAN#Nasional Pemkot Bogor Peristiwa Nasional Peristiwa+Hukum dan Kriminal Peristiwa-daerah Peristiwa<Sorotan Peristiwa<Sorotan<Nasional Pertanian & Ekonomi Pimpinan Pompes Polri#Nasioanal Polri-Nasional -pendidikan Pristiwa Sorotan Pemerintah Sorotan Pemerintah Pacitan Sorotan hukum dan kriminal Sorotan-Nasional Sorotan<Viral Sorotan<peristiwa Sosial Islam Sosial LSM Sosial Ramadahan TNI Nasional TNI- POLRI TNI-AD kejadian oprasi gabungan pasar Ramadan sejarah

Rencana Pembangunan Saluran Air di Kelurahan Pondok Ranggon Disosialisasikan

Juli 17, 2023 | Senin, Juli 17, 2023 WIB
Jakarta, detiknewstv.com - Jajaran Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Timur, mensosialisasikan rencana pembangunan saluran air di Jalan Swadaya Kelurahan Pondok Ranggon, Cipayung, Senin (17/7/2023) Sosialisasi digelar di aula kantor kelurahan

Sosialisasi dibuka Lurah Pondok Ranggon, Jaenuri dan dihadiri Kasudin SDA Jakarta Timur Wawan Kurniawan dan jajarannya serta perwakilan Sudin Perhubungan, Bina Marga, Satpol PP, Babinsa, Bimaspol, pengurus RT, RW, LMK dan FKDM dan perwakilan warga.

Menurut Jaenuri, sosialisasi ini sangat penting karena proses pekerjaan pembuatan saluran air ini memakan waktu kurang lebih lima bulan. Selain itu, selama pekerjaan akan ada pengalihan arus lalu lintas oleh jajaran Sudin Perhubungan

Kami berharap sosialisasi dilakukan tiga kali agar masyarakat luas banyak yang tahu," ujar Jaenuri.

Diungkapkan Jaenuri, sosialisasi selanjutnya akan digelar pada  20 dan 25 Juni mendatang. Diharapkan, dengan kegiatan ini warga memahami dan memaklumi pekerjaan ini dalam rangka penanggulangan genangan di wilayah tersebut.

Sementara, Kasudin SDA Wawan Kurniawan menyampaikan, lokasi pembangunan saluran air ini cukup sulit. Kontur tanahnya naik turun, sehingga jika menggunakan saluran air biasa menggunakan beton U-ditch akan sulit dan saluran air dikhawatirkan akan mubazir karena aliran air tak bisa berfungsi normal.

"Pembuatan saluran menggunakan sistem jacking yang dikombinasikan dengan beton U-ditch," ujar Wawan.

Menurutnya, sistem jacking ini merupakan metode pertama kali yang akan diterapkan di wilayah Jakarta Timur dalam mengatasi genangan di pemukiman warga. 

Wawan menjelaskan, dengan sistem jacking pihaknya akan menggali tanah dengan kedalaman lima sampai enam meter. Ini untuk mengatur dan menyeimbangkan elevasinya, agar air bisa mengalir secara normal. Jacking itu dkoneksikan dan disesuaikan dengan saluran air yang menggunakan beton U- ditch.

Total panjang saluran air yang akan dibangun di Jalan Swadaya ini, sekitar 358,9 meter dibagi dalam dua model. Yakni menggunakan saluran U-ditch ukuran 80x80x120 sentimeter sepanjang 239,2 meter dan saluran jacking sepanjang 119,7 meter. Teknik jacking ini akan menggunakan hong diameter 1,2 meter.

"Nantinya saluran air ini akan dikoneksikan dengan saluran penghubung (Phb) Sapi Perah Pondok Ranggon,"' ucapnya.

Sementara, anggota LMK RW 06, Pondok Ranggon, Asmat, merasa bersyukur dengan pembangunan saluran ini.

"Saluran air di Jalan Swadaya ini sangat dibutuhkan untuk mengatasi genangan," tandasnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update