Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Indeks Berita

Nasional Sorotan Daerah Berita Headline Peristiwa Megapolitan Hukum dan kriminal KRIMINAL TNI POLRI hukum Hukum & Kriminal TNI Politik TNI AD TNI/POLRI Pendidikan News/ Megapolitan Sosial Berita > Polri Agama News > Sorotan News > Megapolitan Bisnis Budaya Internasional Hukum -Nasional pemerintah Olahraga Ramadhan Artikel Kesehatan News > Nasional Hukum & Hukum dan Krimnal News/ Sorotan TNI & Polri Artikel Nasional News > Peristiwa Polri Polri Nasional google.com kegiatan Agama Artikel News advokasi Papua YouTube Google Facebook LinkedIn MetroTV opini sosial Ramadhan Anisa Baswedan Nasional Hukum&Kriminal News > Kriminal News > Polri News> Megapolitan News> TNI AD Peristiwa Daerah #youtube #google #hello #Lazada #facebook Anies Baswedan Nasional Diskusi Hukum dan Kirminal Nasional Artikel Google.com Nasional- sorotan -Politik News /Megapolitan Pendidikan Nasional Pertanian Politik > Nasional Polri-TNI Sorotan<Nasional TNI dan polri TNI& POLRI TNI-Polri Anies Baswedan Nasional Budaya Agama Corona Desa Palsari Ekonomi Ekonomi / News Gubernur Jawabarat Hilman Hukum &Kirminal Kebakaran Kriminalisasi Lalulintas Lowongan pekerjaan Musik Nasional -sorotan Nasional Artikel Google.com Jayawijaya Papua Nasional Sorotan Nasional polri Nasional& Sorotan Nasional<Sorotan Natal New> Nasional News / Hukum & Kriminal News > Hukum & Kriminal News >Megapolitan Olahraga POLRI Organisasi PERISTIWA -SOROTAN#Nasional Pemkot Bogor Peristiwa Nasional Peristiwa+Hukum dan Kriminal Peristiwa-daerah Peristiwa<Sorotan Peristiwa<Sorotan<Nasional Pertanian & Ekonomi Pimpinan Pompes Polri#Nasioanal Polri-Nasional -pendidikan Pristiwa Sorotan Pemerintah Sorotan Pemerintah Pacitan Sorotan hukum dan kriminal Sorotan-Nasional Sorotan<Viral Sorotan<peristiwa Sosial Islam Sosial LSM Sosial Ramadahan TNI Nasional TNI- POLRI TNI-AD kejadian oprasi gabungan pasar Ramadan sejarah

Mbak Mel Gandeng Media Ajak Ibu-ibu Wujudkan Pacitan Nol Stunting

Juli 13, 2023 | Kamis, Juli 13, 2023 WIB
Pacitan, Jawa Timur Detiknewstv.com - Bentuk kekhawatiran dan kepedulian Mbak Mel terhadap angka stunting di Kabupaten Pacitan yang masih relatif tinggi, meskipun sudah mengalami penurunan dari tahun-tahun yang lalu namun nyatanya di daerah ini belum mencapai target angka relevansi stunting, dilansir dari laman resmi Ghiatnews.my.id pada Kamis, 13 Juli 2023.

Permasalahan stunting yang ada di Kabupaten Pacitan saat ini, meskipun sudah mengalami penurunan, namun masih perlu perhatian khusus. Apalagi di Kabupaten Pacitan ini banyak tersedia berbagai jenis ikan laut yang dapat mencegah terjadinya stunting.

Selain perlu adanya komunikasi, informasi dan edukasi (KIE), tentu perlu tindakan yang nyata baik dari pemerintah maupun tokoh dan warga Pacitan yang benar-benar peduli dengan bahaya stunting, sehingga di Kabupaten Pacitan benar-benar menjadi zero stunting. 

Seperti yang dilakukan Melida Akta atau lebih akrab disapa Mbak Mel yang kebetulan peduli kepada warga Pacitan terhadap bahaya stunting ini, dirinya rela melakukan blusukan ke Desa Kayen dengan menggandeng media untuk mengajak warga makan ikan bersama.

Selain itu juga dirinya menyadari bahwa stunting ini perlu segera diselesaikan karena seperti yang diinstruksikan oleh Presiden RI Joko Widodo di tahun 2024 nanti stunting harus dapat turun menjadi 12%. “Hal ini jangan sampai didiamkan. Harus ada kerjasama yang baik antara pemerintah, penyuluh kesehatan, kepala desa dan juga tokoh masyarakat untuk bersama-sama mencegah terjadinya stunting di desa masing-masing,” Katanya saat di wawancarai wartawan pada Senin, 26 Juni 2023.

Meskipun mbak Mel sendiri jarang untuk berkunjung ke tanah kelahirannya, namun sebagai warga Pacitan ia juga memiliki rasa kepedulian yang tinggi kepada masyarakat terlebih lagi untuk ikut membantu pemerintah dalam upaya penurunan stunting ini.

“Hati saya terpanggil untuk ikut serta membantu pemerintah dalam upaya penurunan stunting ini. Oleh karena itu saya mengajak ibu hamil, anak-anak yang stunting dan ibunya untuk makan ikan bersama sebagai salah satu contoh bahwa ikan ini merupakan salah satu makanan yang dapat mencegah stunting untuk anak-anak,” Terangnya.

Ia berharap gerakan makan ikan ini dapat sebagai pengetahuan terhadap ibu-ibu hamil dan juga anak-anak batita dan balita untuk membiasakan setiap hari makan ikan karena di Pacitan ini penghasil ikan.

"Untuk mengatasi stunting ini perlu memperhatikan kepentingan kebutuhan asupan gizi pada ibu hamil dan anak sehingga dapat tercukupi dengan baik," Jelasnya.

Sementara itu, Tara selaku Bidan Desa Kayen disaat memberikan materi stunting mengatakan bahwa penyebab stunting karena kekurangan gizi kronik dan juga tinggi badan anak tidak sesuai dengan tubuhnya.

"Faktor terjadinya stunting ini ada beberapa faktor diantaranya kurangnya informasi, asupan gizi balita, asi eksklusif tidak optimal dan permasalahan sanitasi," Pungkasnya.

Dirinya berharap kegiatan gemar makan ikan ini dilaksanakan secara continue sehingga dapat memperkecil kenaikan angka stunting khususnya di Desa Kayen.***

Penulis : Jefri Asmoro Diyatno

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update