Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Indeks Berita

Nasional Sorotan Daerah Berita Headline Peristiwa Megapolitan Hukum dan kriminal KRIMINAL TNI POLRI hukum Hukum & Kriminal TNI Politik TNI AD TNI/POLRI Pendidikan News/ Megapolitan Sosial Berita > Polri Agama News > Sorotan News > Megapolitan Bisnis Budaya Internasional Hukum -Nasional pemerintah Olahraga Ramadhan Artikel Kesehatan News > Nasional Hukum & Hukum dan Krimnal News/ Sorotan TNI & Polri Artikel Nasional News > Peristiwa Polri Polri Nasional google.com kegiatan Agama Artikel News advokasi Papua YouTube Google Facebook LinkedIn MetroTV opini sosial Ramadhan Anisa Baswedan Nasional Hukum&Kriminal News > Kriminal News > Polri News> Megapolitan News> TNI AD Peristiwa Daerah #youtube #google #hello #Lazada #facebook Anies Baswedan Nasional Diskusi Hukum dan Kirminal Nasional Artikel Google.com Nasional- sorotan -Politik News /Megapolitan Pendidikan Nasional Pertanian Politik > Nasional Polri-TNI Sorotan<Nasional TNI dan polri TNI& POLRI TNI-Polri Anies Baswedan Nasional Budaya Agama Corona Desa Palsari Ekonomi Ekonomi / News Gubernur Jawabarat Hilman Hukum &Kirminal Kebakaran Kriminalisasi Lalulintas Lowongan pekerjaan Musik Nasional -sorotan Nasional Artikel Google.com Jayawijaya Papua Nasional Sorotan Nasional polri Nasional& Sorotan Nasional<Sorotan Natal New> Nasional News / Hukum & Kriminal News > Hukum & Kriminal News >Megapolitan Olahraga POLRI Organisasi PERISTIWA -SOROTAN#Nasional Pemkot Bogor Peristiwa Nasional Peristiwa+Hukum dan Kriminal Peristiwa-daerah Peristiwa<Sorotan Peristiwa<Sorotan<Nasional Pertanian & Ekonomi Pimpinan Pompes Polri#Nasioanal Polri-Nasional -pendidikan Pristiwa Sorotan Pemerintah Sorotan Pemerintah Pacitan Sorotan hukum dan kriminal Sorotan-Nasional Sorotan<Viral Sorotan<peristiwa Sosial Islam Sosial LSM Sosial Ramadahan TNI Nasional TNI- POLRI TNI-AD kejadian oprasi gabungan pasar Ramadan sejarah

Rawat Spirit Persaudaraan, Calon DPR-RI Dari Partai Ummat,Agus Surachman Ajak Jaga Kearifan Lokal Kerja Bakti

Juni 11, 2023 | Minggu, Juni 11, 2023 WIB
Bogor Jawa Barat,Setiap akhir pekan, nyaris tak ada sebutan absen bagi Calon DPR-RI Dapil Bogor dan Cianjur dari partai Ummat,Dr Agus Surachman bersilaturahmi bersama masyarakat. Kali ini, melalui kerja bakti bersama warga RT 03, RW 01, Kelurahan Tajur, Kecamatan Bogor Timur, (11/6/2023)


 Dr.Agus Surachman juga bacaleg DPR RI Partai Ummat dari daerah Pemilihan Kota Bogor – Kabupaten Cianjur ini turut berpartisipasi.

Menggunakan celana pendek, dipadupadankan kaos berwarna putih, 

Agus terlihat semangat ikut mencabut rumput di lingkungan setempat dan membersihkan sampah yang menumpuk di saluran air bersama warga. Menurut Agus, spirit kerja bakti perlu terus dijaga, juga dilakoni. Sebab, merupakan kearifan lokal yang telah turun-temurun diwariskan dari generasi ke generasi.

“Kerja bakti merupakan salah satu dari kearifan lokal pribumi. Dalam kerja bakti tersimpan pesan yang sarat nilai edukasi. Dengan kerja bakti, ikatan keluarga kian tersambung, kesusahan yang dialami dapat terobati, karena dilakukan bersama-sama dengan senang hati,” kata pria yang juga dosen pasca sarjana salah satu perguruan tinggi swasta di Bogor ini, Minggu (21/6/2023).
Makna filosofi yang terkandung dalam kerja bakti, sebut Agus, sangat tinggi. Karena, kerja bakti sudah dicontohkan oleh para leluhur bangsa.

“Melakukan kerja bakti dalam segala aspek kehidupan dengan tujuan saling melengkapi dan berbagi. Sehingga pekerjaan yang awalnya tak mungkin teratasi, dapat terealisasi. Untuk itu, penting kiranya menjaga dan mengaplikasikan kerja bakti sebagai sebuah tradisi,” tukasnya sembari membasuh keringat disela kegiatan kerja bakti.
Dia berujar, kerja bakti juga merupakan salah satu perwujudan dari nilai gotong royong yang ada dalam Pancasila.

“Kerja bakti atau gotongroyong sejatinya merupakan tradisi yang sudah lama hadir di Indonesia. Gotong royong juga yang membuat warga Indonesia bisa bersatu dan bersama memerdekakan diri. Singkatnya, makna kerja bakti juga mengusung pesan moral persatuan dan kesatuan antar masyarakat,” tuturnya.
Masih menurut Agus, melalui kerja bakti manfaatnya yakni mewujudkan sifat kekeluargaan di antara satu sama lain. Terlebih ketika melakukan kerja bakti, masyarakat memiliki visi yang satu sama lain untuk menjaga kebersihan lingkungan.

“Selain itu, juga terjalin kerja sama dan kebersamaan karena adanya persatuan di antara warga lainnya. Juga, hadirnya kerukunan di antara warga membuat suasana kerja bakti menjadi lebih menyenangkan dan juga nyaman,” tuntasnya. 

Tim Redaksi 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update