Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

PJ Gubernur Papua Selam Rencana segera Laporan Pembangunan Prov. Papua selatan Ke Pemerintah Pusat

Juni 14, 2023 | Juni 14, 2023 WIB Last Updated 2023-06-14T13:08:03Z
Jayapura detiknewstv.com Dr. Apolo Safanpo, ST., MT, Pj Gubernur Provinsi Papua Selatan melaporkan rencana pembangunan Pusat Pemerintahan Provinsi Papua Selatan (PPS) kepada Wakil Menteri Dalam Negeri, Jhon Wempi Wetipo, SH., MH, dan Ahmad Doli Kurnia Tanjung, Ketua Komisi II DPR RI, beserta rombongan Komisi II DPR RI saat melakukan kunjungan ke Kawasan Rencana Pusat Pemerintahan Provinsi Papua Selatan di Merauke, Rabu (14/6).

Dalam kesempatan tersebut, Dr. Apolo Safanpo, ST., MT, yang saat ini menjabat sebagai Penjabat (Pj.) Gubernur Papua Selatan, memberikan laporan kepada pemerintah pusat dengan memberikan penjelasan bahwa saat ini mereka berada di kawasan terpadu mandiri (KTM) Kampung Salor Indah, Distrik Kurik, Kabupaten Merauke yang merupakan Kawan Rencana Pusat Pemerintahan PPS. 

Kawasan ini berjarak 56 kilometer dari pusat kota Merauke, dan jika kondisi jalan baik, dapat ditempuh dalam waktu satu jam.

Pj. Gubernur PPS juga menyampaikan bahwa kawasan tersebut telah ditetapkan sebagai calon lokasi pusat pemerintahan Papua Selatan. 

Ia menunjukkan draft master plan kawasan pusat pemerintahan, sambil menjelaskan bahwa mereka berada di sekitar lingkaran yang ditandai dengan warna hitam, yang disebut sebagai "gerbang matahari terbenam," dan di depannya terdapat "gerbang matahari terbit."

Dalam rencana pembangunan, kawasan ini akan menampung berbagai kantor termasuk Kantor Gubernur, Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Papua Selatan (DPRP), Kantor Majelis Rakyat Papua Provinsi Papua Selatan (MRP), serta Kantor-Kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya, termasuk perwakilan dari kementerian dan lembaga, seperti Kodam, Polda, Kejaksaan Tinggi, Pengadilan Tinggi, dan lain-lain.

“Total luas kawasan ini adalah 152 hektar, yang telah dihibahkan oleh Pemerintah Kabupaten Merauke kepada Pemerintah Papua Selatan.” Ujar Apolo Safanpo.

Pj. Gubernur PPS juga melaporkan bahwa tahun ini mereka mendapatkan bantuan tiga gedung dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), yaitu pembangunan Kantor Gubernur, Kantor DPR Provinsi Papua Selatan, dan Kantor MRP Provinsi Papua Selatan.

Selain itu, mereka juga mendapatkan pembangunan jalan sepanjang 35 kilometer dari pertigaan jalan menuju pusat pemerintahan, yang dibiayai oleh Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Merauke.

Pada kesempatan tersebut, Apolo mewakili Pemerintah dan Masyarakat Papua Selatan menyampaikan terima kasih kepada Komisi II DPR RI atas restu, bimbingan, dan pendampingan yang diberikan. Apolo juga memohon bantuan, bimbingan, dan pendampingan kepada Menteri Dalam Negeri melalui Wakil Menteri Dalam Negeri untuk mendukung perjalanan pembangunan menuju Papua Selatan yang definitif. Pungkasnya 

Laporan : SWEIPSA
×
Berita Terbaru Update