Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Caleg DPR RI di Pileg 2024, Elektabilitas Dr. Agus Surachman dari partai Ummat Tertinggi

Juni 14, 2023 | Juni 14, 2023 WIB Last Updated 2023-06-14T10:17:11Z
Bogor,Sebuah survei yang dilakukan di Bogor oleh lembaga survei Markdata telah mengungkap popularitas caleg DPR RI, elektabilitas, dan tingkat kepuasan terhadap anggota DPR RI dari dapil Dapil Jabar . Survei dilakukan tim survei, terdiri 800 responden yang merupakan warga Jawa barat yang sudah memiliki hak pilih.

“Metode sampel yang digunakan dalam survei ini adalah metode multistage random sampling, dengan margin of error sebesar +/- 3.5% pada tingkat kepercayaan 95%. Wawancara tatap muka dilakukan surveyor, merupakan mahasiswa yang telah mendapatkan pelatihan survei dengan protokol kesehatan yang ketat. Wawancara dilakukan 26 April hingga 14juni 2023,” ujar Founder dan CEO Markdata, Faisal Arief keterangan Tertulis (14/6/2023). 

 

Dalam kategori popularitas, politisi Partai Ummat Dr.Agus Surachman menduduki posisi pertama dengan total perolehan popularitas sebesar 66%. Disusul Soadik Mudjahid (63%) dan junico siaan (65%).

“Nama-nama ini sudah kita saring dari berbagai media. Karena memang pada saat tanggal dilakukannya survei, belum pendaftaran di KPU. Ada nama-nama juga yang muncul di beberapa baliho itu juga kita uji dan inilah hasilnya untuk popularitas,” terangnya. 

Survei ini juga melakukan survei terhadap popularitas, akseptabilitas, dan elektabilitas bagi Partai Politik peserta pemilu. Dalam hasil survei ini mengungkapkan dari segi popularitas total bahwa partai Ummat menunjukkan dominasi kuat dalam popularitas di Dapil Jawa barat dengan 61%, kemudian diikuti PDI Perjuangan dan Partai Demokrat dengan masing-masing 52 dan 47%. Hasil survei ini dilakukan dengan surveyor menunjukan logo partainya kemudian dipersilahkan untuk memilih. “Jadi ini adalah partai yang paling populer atau yang paling dikenal jika dilakukan pemilu hari ini,” terangnya. 


Hasil dari survei popularitas parpol ini kemudian dilanjutkan dengan analisis akseptabilitas dan elektabilitas partai politik tingkat DPR RI. Hal ini bertujuan untuk mengukur tingkat kesukaan dan keterpilihan parpol oleh masyarakat.



Laporan: Asep
×
Berita Terbaru Update